Blogger news

" />
Home » » cara mengatasi mata lelah di depan komputer

cara mengatasi mata lelah di depan komputer

Written By Unknown on Selasa, 09 Juli 2013 | 21.04

halo sahabat blogger kali ini saya akan ngepost in tentang kesehatan nih karna sekarang kan hari libur dan hari puasa sebagian besar orang dewasa maupun anak-anak menghabiskan waktu di depan komputer .
aku kasih tips nya di bawah ini ....

Cara Mengatasi Mata Lelah Ketika Berada di Depan Komputer

Cara Mengatasi Mata Lelah
Cara Mengatasi Mata Lelah - Di kehidupan modern seperti sekarang ini tentu sudah tidak asing lagi dengan pemakaian alat-alat teknologi yang serba canggih, seperti komputer, laptop, atau gadget- gadget lain yang bisa selalu menunjang hobi atau aktivitas sehari-hari. Sebut saja nge-game, browsing atau mencari-cari informasi di internet, dan bahkan kerja yang mengharuskan kita berlama-lama di depan komputer. 
Tentu semua itu sangat bermanfaat dan sangat menyenangkan karena kita bisa berselancar dan mencari semua informasi yang ada dari berbagai belahan dunia. Namun di samping manfaatnya yang banyak, berlama-lama di depan komputer juga akan menimbulkan masalah yang lain, seperti mata akan mudah lelah. Mata yang sudah lelah biasanya ditandai dengan munculnya rasa sakit pada kepala, mata terasa lelah, gatal, kering, dan terkadang malah mengeluarkan air.

Jika Anda memang sering melotot di depan komputer dan merasa bahwa mata Anda mengalami hal-hal di atas, Anda bisa mencoba cara mengatasi mata lelah berikut ini.
  1. Jaga jarak antara mata dengan layar monitor
    Pada kesempatan kemarin, blog Inovasi Kesehatan juga sudah pernah membahas tentang menjaga kesehatan mata dan masalah jarak antara mata dan monitor ini cukup menjadi perhatian karena hal ini akan bisa membahayakan kesehatan mata. Memang tidak ada ketentuan pasti tentang berapa patokan yang sebenarnya, akan tetapi para pakar memberikan patokan untuk jarak yang baik, yaitu berkisar antara 50-70 cm.
  2. Gunakan penerangan yang cukup
    Penerangan yang cukup ialah penerangan yang tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu gelap. Sebab jika Anda menggunakan komputer atau laptop dalam ruangan yang gelap, mata Anda akan sangat mudah lelah, sedangkan jika ruangan terang mata juga akan mudah tegang karena silau.
  3. Sesuaikan Brightness-Contrass
    Pengaturan tingkat kecerahan dan kontras layar monitor juga perlu dilakukan. Atur lah hingga mata Anda merasa nyaman sehingga tidak mudah lelah. Jangan terlalu terang dan juga jangan terlalu gelap. Kemudian pengaturan ukuran atau font huruf juga perlu dilakukan agar Anda mudah untuk melihat dalam jarak yang disarankan.
  4. Istirahatkan mata sejenak
    Ketika Anda memang telah merasa lelah dan capek, luangkan lah waktu sejenak untuk mengistirahatkan mata dari depan monitor agar mata Anda bisa sedikit lebih santai. Lakukan selama kurang lebih 5 menit setiap satu jam.  Di samping itu, Anda juga bisa melakukan gerakan-gerakan tubuh yang ringan seperti jalan-jalan atau menggerak-gerakkan badan agar sirkulasi darah menjadi lancar.
  5. Atur posisi dan letak komputer
    Letak dan posisi komputer yang kurang nyaman juga bisa menjadi pengaruh. Misalnya, jika letak komputer Anda sempit dan menyudut, maka cobalah ubah dengan meletakkannya di tempat yang bisa memandang pandangan lain. Hal ini memiliki fungsi agar ketika Anda suntuk memandang komputer, Anda bisa memandang pandangan lain yang bisa membuat mata sedikit fresh. Akan tetapi, jika memang ruangan tidak memungkinkan, lebih baik Anda mencari posisi duduk yang nyaman sehingga Anda bisa santai dan bisa bekerja optimal.
  6. Sering berkedip
    Berkedip memang kegiatan yang bisa terjadi di bawah alam sadar kita. Tanpa kita sadari, kita akan berkedip dengan sendirinya. Akan tetapi, jika Anda sedang serius maka tidak jarang sebagian dari kita yang lebih memilih melotot daripada berkedip. Berkedip ini memiliki fungsi agar mata tetap lembab dan tidak kering.
  7. Senam mata
    Melakukan senam mata bisa sedikit membantu untuk mengurangi gejala mata cepat capek. Lakukanlah gerakan seperti memutar leher sambil memejamkan mata dengan gerakan perlahan. Atau dengan cara memandang sebuah objek beberapa menit lalu gosok ke dua tangan hingga terasa hangat lalu  tempelkan ke mata. Ke dua cara tersebut bisa membatu mata menjadi lebih rileks dan santai.
  8. Pijat wajah
    Menggosok-gosokkan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat ke pipi, leher, dan dahi bisa menjadikan wajah lebih fresh dan mata akan menjadi rileks.
  9. Obat tetes mata
    Gunakan lah obat tetes mata yang baik sebab obat tetes mata juga bisa membantu mata kembali segar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan air lalu cipratkan air sedikit demi sedikit ke mata dan biarkan kering dengan sendirinya. Kemudian Anda bisa melakukan aktivitas Anda kembali.

    sumber:http://inovasikesehatan.blogspot.com

1 komentar:

Blogger templates

like on facebook

Blog Archive